Kamis, 21 Mei 2009

Penilaian CTL pada PAI

Penilaian dapat dipandang sebagai suatu cara atau metode untuk mengambil suatu keputusan yang didasarkan atas data yang telah disusun secara sistematis. Penilaian yang merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran, dalam pelaksanaannya di kelas tidak hanya yang bersifat produk yaitu dilaksanakan setelah selesai proses pembelajaran, akan tetapi harus dilaksanakan juga pada awal proses pembelajaran. Hal ini terlebih dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, maka penilaian bukan hanya dilakukan melalui penilaian produk atau hasil tetapi juga melalui penilaian proses.

Melalui kegiatan penilaian yang dilakukan pada awal dan akhir kegiatan pembelajaran, segala informasi dan data yang didapat mengenai diri siswa akan jauh menjadi lebih lengkap, misalnya bagaimana aktifitas, kreatifitas, keseriusan, ketekunan dan respon terhadap berbagai pertanyaan-pertanyaan guru dan siswa lainnya. Sebaliknya guru juga dituntut untuk benar-benar lebih serius dalam memperhatikan setiap perkembangan siswanya, baik perkembangan intelektual, sikap ataupun keterampilannya.

Salah satu keberhasilan dalam belajar apabila hasil belajar yang diperoleh siswa mampu bertahan lama. Hasil belajar yang telah lama ini diperoleh apabila siswa mampu merefleksikan hasil belajarnya. Muslich menjelaskan bahwa refleksi adalah perenungan kembali atas pengetahuan yang baru dipelajari. Dalam pembelajaran kontekstual, kemampuan siswa untuk merefleksikan hasil belajar dapat ditumbuhkan, sebab proses pembelajaran memungkinkan untuk itu. Siswa dapat mengukur sejauh mana penguasaan materi pelajaran dan penggunaanya untuk memecahkan masalah. Dengan demikian kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan kontekstual diharapkan mampu memberdayakan siswa dalam mengkonstruksikan pengetahuan, sikap dan keterampilan belajarnya. Melalui refleksi diri siswa dilatih untuk memiliki kemampuan bersikap kritis, peka, dan peduli terhadap persoalan lingkungan dalam rangka pembentukan muslim yang bertakwa, cerdas, terampil, kreatif dan berkarakter.

0 Comments:

Post a Comment